A. PENGERTIAN
ALAT PEMUAS KEBUTUHAN
ð Alat pemuas
kebutuhan adalah segala
sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia, baik berupa barang maupun jasa.
ð Dalam bentuk
barang, misalnya : topi,
jaket, HP, motor, dan lain-lain.
ð Dalam bentuk
jasa, misalnya : dokter,
mekanik, dan lain-lain.
B. KETERBATASAN
ALAT PEMUAS KEBUTUHAN
·
MENURUT KELANGKAANNYA
1) Benda ekonomi
à tersedia
dalam jumlah yang kecil (sedikit) dibandingkan dengan yang membutuhkannya,
sehingga untuk mendapatkan perlu pengorbanan.
2) Benda bebas à tersedia di alam bebas, cuma-cuma.
3) Benda illith à ada di sekitar kita, jika berlebihan dapat merugikan
kehidupan manusia.
·
MENURUT WUJUDNYA
1) Barang atau
benda konkret à nyata dirasa panca indera dalam pemanfaatannya.
2) Jasa à hanya dapat dirasakan manfaatnya, tetapi tidak dapat
dilihat atau diraba.
·
MENURUT HUBUNGANNYA DENGAN BENDA LAIN
1) Benda
substitusi à menggantikan benda lain yang sedang diperlukan.
2) Benda
komplementer à saling melengkapi dengan benda lain.
·
MENURUT TUJUAN PEMAKAIANNYA
1) Benda
konsumsi à langsung dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan.
2) Benda
produksi à dipergunakan untuk menghasilkan benda lain.
·
MENURUT TINGKAT PEMAKAIANNYA
1) Benda tahan
lama à dapat dipakai berulang kali.
2) Benda tidak
tahan lama à hanya sekali pakai.
C. JENIS-JENIS
ALAT PEMUAS KEBUTUHAN
·
MENURUT CARA MENDAPATKANNYA
1) Benda ekonomi
à karena
sifatnya terbatas maka untuk mendapatkan benda ekonomi harus melalui
pengorbanan tertentu. Misalnya : jika kita ingin memiliki baju, kita harus
membayar dengan uang. Kesediaan mengeluarkan sejumlah uang merupakan
pengorbanan.
2) Benda bebas à adalah benda yang banyak tersedia di alam, sehingga
kita dapat dengan bebas memanfaatkannya. Misalnya : udara yang kita hirup, air
laur yang dimanfaatkan untuk membuat garam.
·
MENURUT KEGUNAANNYA
1) Benda
konsumsi à adalah benda yang dapat langsung digunakan oleh
konsumen. Misalnya : tas, buku, pensil, penggaris.
2) Benda
produksi à adalah benda yang digunakan untuk proses produksi,
sehingga menghasilkan benda lainnya dapat langsung dikonsumsi. Misalnya : mesin
jahit untuk membuat baju.
·
MENURUT PROSES PRODUKSINYA
1) Barang mentah
(bahan baku) à merupakan barang yang belum diolah atau barang yang
belum mengalami proses produksi. Contoh : ayam, minyak, kayu.
2) Barang
setengah jadi à merupakan barang yang telah mengalami proses produksi,
tetapi belum menjadi barang produk akhir. Contoh : kapas à benang à kain.
3) Barang jadi à merupakan barang yang telah siap untuk dikonsumsi.
Contoh : jam tangan, baju, mobil.
·
MENURUT HUBUNGANNYA DENGAN BENDA LAIN
1) Benda
substitusi à benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat
menggantikan benda lain atau saling menggantikan. Contoh : nasi = kentang,
mobil = angkutan umum.
2) Benda
komplementer à adalah benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau
mempunyai daya guna yang lebih, apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain.
Contoh : roti dengan selai.
·
MENURUT KUALITASNYA
1) Benda
superior à merupakan benda yang saling mempunyai kualitas tinggi
sehingga memberikan presti sebagai pemakainya. Benda ini banyak dikonsumsi oleh
kalangan menengah ke atas. Contoh : cincin emas, mobil mewah.
2) Benda
inferior à merupakan benda yang memiliki kualitas rendah. Contoh
: pakaian yang dijual di pasar loak, beras raskin, mobil bekas.
D.KEGUNAAN ALAT
PEMUAS KEBUTUHAN
ð Benda atau alat
pemuas kebutuhan diciptakan atau diproduksi oleh manusia dengan tujuan
tertentu.
ð Benda atau
alat pemuas kebutuhan dapat digolongkan menjadi empat macam :
1. KEGUNAAN
BENTUK (form utility)
è Kegunaan bentuk
artinya peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan
bentuknya.
è Contoh : tepung
= kue dan roti.
2. KEGUNAAN
TEMPAT (place utility)
è Kegunaan tempat
artinya pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke
tempat lain.
è Contoh : kapal
laut akan berguna dilaut daripada di daratan, baju astronot akan berguna jika
dipakai di bulan dari pada di dunia.
3. KEGUNAAN
WAKTU (time utility)
è Kegunaan waktu
artinya kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu yang tepat
dan sesuai dengan manfaat benda tersebut.
è Contoh : payung lebih
digunakan pada hujan dibandingkan dengan waktu panas.
4. KEGUNAAN
KEPEMILIKAN (ownership utility)
è Kegunaan
kepemilikan adalah kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya
atau dimiliki oleh konsumen yang tepat.
è Contohnya : alat
suntik yang dimiliki oleh dokter.
E. MENGATASI
KETERBATASAN PEMUAS KEBUTUHAN
ð Beberapa hal
yang menyebabkan manusia tidak terbatas atau beraneka ragam, antara lain :
1. Organ manusia à selalu membutuhkan sesuatu untuk
menggerakkan fungsinya.
2. Kebudayaan
manusia à makin maju kebudayaan manusia, maka
akan ada tuntutan sosial kehidupan yang lebih layak. Misalnya, model bangunan
rumah, perhiasan, alat komunikasi yang terus berubah.
3. Faktor
psikologis à dimana seseorang membutuhkan sesuatu
untuk memenuhi kepuasan batin. Misalnya, rasa aman, kasih sayang, dan
kepedulian.
F. KELANGKAAN
(SCARCITY)
ð Kelangkaan
adalah keterbatasan
alat pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas.
ð Suatu barang
atau jasa dinyatakan langka jika permintaan atau kebutuhan konsumen akan barang atau jasa
lebih besar atau lebih banyak daripada ketersediaan atas barang atau jasa
tersebut dan cara untuk memperolehnya diperlukan suatu pengorbanan tertentu.
G.FAKTOR-FAKTOR
PENYEBAB KELANGKAAN
·
Kebutuhan manusia yang terus meningkat, sementara
sumber daya alam yang baru belum ditemukan.
·
Sifat serakah sebagian besar manusia yang
mengakibatkan cepat berkurang dan rusaknya persediaan sumber daya alam.
·
Persediaan sumber daya alam terbatas.
·
Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber
daya alam.
H.SUMBER-SUMBER
EKONOMI YANG LANGKA
·
Tanah
·
Air
·
Udara
·
Hutan
·
Laut
·
Barang tambang logam, seperti timah putih, nikel besi,
tembaga, bauksit mangan, emas dan perak.
·
Barang tambang non logam, seperti batu kapur,
belerang, fosfat, batu marmer, intan, grafit, aspal, minyak, gas, batu bara,
uranium, dan sebagainya.
Sumber : Buku Catatan Pelajaran IPS saya (SMK).
Semoga bermanfaat yaa J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar