Jumat, 29 Juli 2016

PELAYANAN PRIMA




(tanggal 28 Oktober 2012)

v PENGERTIAN PELAYANAN PRIMA

ð Secara harfiah pelayanan prima : excellence service berarti pelayanan yang sangat baik dan atau pelayanan yang terbaik.

ð Pelayanan prima : pelayanan yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam upaya untuk memberikan rasa kepuasan dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pihak pelanggannya sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik sesuai harapannya.







v TUJUAN PELAYANAN PRIMA

·        Dapat memberikan rasa puas dan kepercayaan pada konsumennya

·        Tetap menjaga (maintenance) agar konsumen merasa diperhatikan dan dipentingkan segala kebutuhan / keinginannya.

·        Mempertahankan konsumen agar tetap loyal menggunakan produk barak / jasa perusahaan.







v PENGERTIAN PELANGGAN

ð Pelanggan adalah orang / instansi / lembaga yang membeli barang / jasa secara rutin / berulang-ulang karena barang / jasa tersebut memiliki manfaat.







v CARA MENINGKATKAN CITRA POSITIF DI MATA PELANGGAN

a.     Membangun citra diri positif
Caranya :
1.     Memperhatikan pentingnya kesan awal
2.     Pendekatan awal dapat mempengaruhi hubungan
3.     Jangan membuat orang lain menunggu karena dapat menimbulkan frustasi
4.     Pada waktu berbicara, pandanglah matanya
5.     Berbicara secara jelas dengan kata-kata yang dapat dipahami pelanggan
6.     Hindari beban pikiran yang menyebabkan perhatian pelanggan terpecah.

b.     Berusaha mengerti terlebih dahulu
è Apabila seorang pelanggan sedang meminta bantuan, hendaknya tidak merasa serba tahu / seolah-olah sudah mengerti dahulu apa yang diinginkan oleh pelanggan, sebaiknya dekati pelanggan dan bersiaplah untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

c.      Memiliki keterampilan dasar pelayanan
1.     Memusatkan perhatian kepada pelanggan
·        Mendengarkan dengan penuh perhatian dan jangan sekali-kali memotong pembicaraan
·        Perhatikan sikap tubuh, bertindak secara tenang dan rileks.
·        Menatap mata pelanggan saat berbicara dan tersenyum
·        Menanggapi pembicaraan pelanggan apabila pelanggan mengharapkan tanggapan anda
·        Perhatikan nada bicara, jangan terlalu rendah (kurang percaya diri) atau terlalu tinggi (kesal dan emosi).

2.     Memberikan pelayanan yang efisien
·        Melayani pelanggan berikutnya segera setelah selesai dengan pelanggan pertama.
·        Mempergunakan waktu seakurat mungkin dengan berbicara sepenuhnya kepada pelanggan.
·        Menindaklanjuti pelayanan sampai tuntas.
·        Menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat, cepat, dan tidak bertele-tele.

3.     Mengalihkan pelayanan kepada pelanggan
·        Bila seorang pelanggan meminta pelayanan di luar kemampuan anda, cara terbaik adalah mengalihkan pelayanan tersebut kepada orang lain yang lebih mampu.
·        Setelah mengetahui keinginan pelanggan, anda menjelaskan kepadanya sambil meminta maaf bahwa anda tidak mampu melayaninya karena orang lain akan lebih baik melayaninya.
·        Menjelaskan keinginan pelanggan kepada orang yang akan menggantikan dan memperkenalkannya kepada pelanggan.

d.     Mengenal berbagai macam karakter pelanggan
1.     Pelanggan yang pendiam
2.     Pelanggan yang tidak sabar
3.     Pelanggan yang banyak bicara
4.     Pelanggan yang banyak berdebat
5.     Pelanggan yang memiliki banyak permintaan







v HARAPAN PELANGGAN

1.     Harapan pelanggan internal
·        Selalu menginginkan kebersamaan dan kerja sama yang solid antara sesama karyawan
·        Sistem dan prosedur kerja yang efisien
·        Struktur organisasi yang jelas sesuai dengan pekerjaan masing-masing
·        Mampu menghasilkan kualitas kerja yang baik sesuai dengan harapan pimpinan
·        Memperoleh imbalan yang sesuai dengan tingkat pendidikan yang sesuai dengan standar upah minimum yang ditentukan pemerintah.

2.     Harapan pelanggan eksternal
·        Barang dan jasa selalu tersedia
·        Mendapatkan kemudahan dalam memperoleh barang/jasa yang diperlukan
·        Harga barang terjangkau
·        Tersedia banyak pilihan
·        Penjual senantiasa jujur dalam memberikan informasi mengenai kondisi barang/jasa yang akan dijual.
·        Mendapatkan potongan harga
·        Mendapatkan pelayanan purna jual (after sales service)
·        Tidak ada penundaan dalam pengiriman/pembelian barang
·        Tempat berbelanja yang aman dan nyaman







v CARA MENGATASI KELUHAN PELANGGAN

·        Hadapi keluhan dengan tetap hormat (respek) kepada pelanggan
·        Jangan terpancing emosi
·        Memberikan penghargaan dan simpati atas keluhan yang disampaikan
·        Memberikan alternatif solusi
·        Jangan memberi janji yang akan sulit dipenuhi / diluar wewenang kita
·        Jika sudah berusaha maksimal namun permasalahan tidak dapat diselesaikan, harus mengakui dengan jujur kelemahan kita.







(tanggal 4 November 2012)

v PELAYANAN PRIMA BERDASARKAN KONSEP A3 (ATTITUDE, ATTENTION, DAN ACTION)

1)    Pelayanan prima berdasarkan konsep sikap (attitude) adalah suatu pernyataan yang bersifat menilai berupa suka atau tidak suka terhadap barang dan jasa tertentu.
Meliputi :
            Berpenampilan serasi
            Berpikir positif
            Menghargai pelanggan

2)    Pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian (attention)
Dalam memberikan pelayanan, seorang petugas pelayanan harus selalu memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan, berikut cara yang dapat dilakukan :
-         Mendengarkan dengan penuh perhatian
-         Menanggapi bila pelanggan mengharapkan tanggapan kita
-         Tempatkan kepentingan pelanggan pada nomer satu
-         Tataplah matanya dengan tersenyum sehingga menyejukkan hati
-         Nada bicara jangan terlalu rendah dan terlalu tinggi

3)    Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan (action)
-         Segera mencatat pesanan pelanggan
-         Menegaskan kembali kebutuhan / pesanan pelanggan
-         Menyelesaikan transaksi pembayaran pesanan pelanggan
-         Mengucapkan terima kasih disertai harapan pelanggan akan kembali lagi







v INDIKATOR KETIDAK PUASAN PELANGGAN

Manfaat mengenali ketidakpuasaan pelanggan :
·        Perusahaan dapat mengetahui dan mengidentifikasi bagian-bagian mana dalam perusahaan yang perlu perbaikan
·        Keluhan pelanggan merupakan kesempatan kedua bagi perusahaan untuk memberikan pelayanan dan kepuasan lebih baik
·        Merupakan peluang  yang luar biasa bagi perusahaan untuk memperkuat loyalitas pelanggan







v MENANGANI KELUHAN PELANGGAN

·        Mendengarkan dengan sabar dan penuh perhatian
·        Bila diperlukan, catat semua keluhan pelanggan
·        Adakalanya pelanggan marah saat menyampaikan keluhan, petugas harus mampu menahan diri
·        Hindari berdebat dengan pelanggan dan jangan sekali-kali menyalahkan pelanggan
·        Apabila pelanggan terus menerus marah, usahakan membujuk pelanggan untuk pindah ke tempat lain, agar pelanggan lain tidak mendengar
·        Tanggapi dengan baik keluhan pelanggan
·        Berikan rasa simpatik dan ikut merasakan keluhan yang dialami pelanggan
·        Sampaikan terima kasih atas keluhan pelanggan







v MENGATASI PERMINTAAN PELANGGAN YANG TIDAK DAPAT DIPENUHI

·        Sampaikan secara langsung dengan sopan dan hati-hati
·        Berikan solusi / pilihan lain jika memang ada pilihan lain







v MENGHADAPI PELAYANAN YANG TERTUNDA

·        Berikan alasan yang jelas tentang tertundanya pelayanan
·        Segera sampaikan permohonan maaf
·        Jika pelanggan mulai mengeluh, dengarkan keluhannya







v HUMAS / PUBLIC RELATION

Ø Pengertian
Suatu bentuk interaksi yang dilakukan oleh suatu organisasi/perusahaan dengan masyarakat tertentu, yang mempunyai kepentingan dengan organisasi/perusahaan tersebut.

Ø Ruang lingkup hubungan masyarakat
-         Humas dengan seluruh karyawan
-         Humas dengan pemegang saham
-         Humas dengan pelanggan
-         Humas dengan para distributor
-         Humas dengan masyarakat sekitar
-         Humas dengan media messa / pers

Ø Tujuan hubungan masyarakat
-         Mempengaruhi pendapat masyarakat terhadap organisasi/perusahaan
-         Mempengaruhi sikap dan tingkah laku masyarakat
-         Untuk mendapatkan penerimaan dan pengertian dari publik tentang segala sesuatu yang dilakukan oleh organisasi/perusahaan

Ø Fungsi hubungan masyarakat
-         Membina dan mengembangkan hubungan baik yang saling menguntungkan antar organisasi/perusahaan dengan publik/berbagai pihak
-         Menanamkan rasa kepercayaan dan pengertian dan meningkatkan citra perusahaan di masyarakat umum
-         Menciptakan warna, budaya dan suasana yang kondusif dan menyenangkan di lingkungan perusahaan, sehingga kinerja karyawan meningkat dan produktivitas kerja dapat dicapai optimal
-         Menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi/perusahaan dengan publik secara internal maupun eksternal.

Ø Tugas pejabat humas
a)     Menyampaikan berbagai informasi atau ide yang berhubungan dengan organisasi/perusahaan mengenai tujuan, peranan dan kebijakan organisasi perusahaan / segala kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan
b)    Memberikan saran dan pendapat kepada pimpinan mengenai kebijakan dan rencana kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat.
c)     Memperlancar komunikasi dengan melakukan hal-hal berikut :
-         Mengumpulkan berbagai fakta yang berhubungan dengan perusahaan, kemudian memprosesnya menjadi sumber informasi bagi perusahaan
-         Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan perusahaan/organisasi publik melalui berbagai media yagn sesuai.

Ø Hal yang harus diperhatikan oleh pejabat humas :
-         Memberikan informasi yang lengkap, sesuai dengan data dan fakta, tepat waktu dan tempatnya.
-         Menyampaikan informasi dengan tegas dan meyakinkan, serta menggunakan metode, cara dan bahasa yang disesuaikan dengan keadaan.
-         Membina dan memelihara hubungan dan komunikasi sosial yang baik dengan lingkungan sekitar.
-         Melaksanakan tugas secara tuntas dan profesional (tidak mengedepankan emosi atau perasaan pribadi)
-         Menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif
-         Memelihara dan menjaga kepercayaan yang diberikan pimpinan perusahaan/organisasi maupun kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat
-         Menjaga nama baik dan citra perusahaan/organisasi
-         Tidak memberikan pernyataan yang dapat memancing kekisruhan.







Sumber : Buku Catatan Pelajaran Kejuruan saya (SMK).

Semoga bermanfaat J