Sabtu, 06 Agustus 2016

MASALAH EKONOMI NEGARA




A. MASALAH EKONOMI NEGARA BERKEMBANG

è Masalah yang dihadapi pada negara berkembang sebagai berikut :
1.     Taraf kehidupan yang rendah
2.     Tingkat produktivitas rendah
3.     Tingkat pertumbuhan penduduk dan beban ketergantungan yang tinggi.
4.     Tingkat pendidikan yang tinggi
5.     Ketergantungan pada produk pertanian dan ekspor bahan mentah
6.     Ketergantungan dan dominasi negara maju.


è Kesimpulannya adalah bahwa permasalahan pokok yang dihadapi negara berkembang meliputi kemiskinan, ketimpangan ekonomi, dan pengangguran. Dengan demikian, sangat tepat apabila sasaran utama pembangunan negara berkembang adalah pemberantasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan perkapita, dan peningkatan kesejahteraan rakyat.


è Faktor-faktor penghambat pembangunan pada negara berkembang diantaranya :
1.     Tuntutan pembangunan yang tinggi tidak ditunjang dengan pengetahuan iptek yang cukup.
2.     Perekonomian yang bersifat dualistik.
3.     Tingkat pembentukan modal yang rendah.
4.     Struktur ekspor masih berupa bahan mentah.







B. MASALAH EKONOMI NEGARA MAJU

è Masalah yang ada di negara maju antara lain :
1.     Negara maju kebingungan memasarkan hasil produksinya.
2.     Kurangnya tenaga kerja manusia.
3.     Kurangnya bahan mentah untuk menghasilkan produk, seperti : minyak bumi, bahan tambang, dan lain-lain.


è Pada lingkup negara, masalah ekonomi akan dihadapi baik oleh negara maju maupun negara berkembang. Perbedaannya terletak pada kondisi negara masing-masing.


è Negara berkembang berusaha mengatasi masalah ekonomi seperti bagaimana meningkatkan kesejahteraan penduduk yang masih terjerat kemiskinan, bagaimana mengatasi pengangguran, dan sebagainya. Sedangkan negara maju berusaha bagaimana mempertahankan kemajuan ekonomi yang akan dicapai.





C.  MASALAH KEHIDUPAN

è Masalah utama yang dihadapi manusia adalah ketidakseimbangan antara alat pemuas kebutuhan dan kebutuhan yang sifatnya selalu berkembang bahkan berubah.


è Kesimpulan mengenai kebutuhan sebagai berikut :

1.     Kebutuhan tersebut muncul dari diri manusia secara alamiah atau naluri.

Contoh : seseorang yang merasa lapar secara naluri akan mencari makanan, begitu juga orang yang kepanasan mencari tempat berlindung yang sejuk.

2.     Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan.

3.     Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul dari manusia secara alamiah dan diperlukan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidup atau perasaan kekurangan dari seseorang yang harus dipenuhi.







D.MASALAH EKONOMI YANG TERJADI DI INDONESIA

1.     PENGANGGURAN

ð Pengangguran adalah masalah ekonomi yang paling krusial, karena kenyataannya lapangan pekerjaan yang tersedia tidak memungkinkan dengan jumlah peminat kerja yang sangat banyak.

ð Hal ini membuat pemerintah bingung untuk menangani masalah ini, untuk menanggulanginya pemerintah menggalakan dunia usaha agar dapat membantu menyerap pengangguran.



2.     KEMISKINAN

ð Kemiskinan adalah masalah yang menghantui dair pemerintah yang satu ke pemerintah yang lain.

ð Masalah ini tidak akan pernah tuntas, karena masalah ini adalah masalah yang muncul terus menerus.

ð Bahkan tujuan yang paling penting dalam ilmu ekonomi adalah memberantas kemiskinan.



3.     HARGA

ð Masalah ekonomi yang satu ini pasti muncul ke permukaan saat perayaan hari besar keagamaan, harga selalu membumbung tinggi saat perayaan hari besar keagamaan, apalagi harga sembako, ibu rumah tangga selalu mengeluh tentang harga semabako yang naik tinggi.



4.     KESEJAHTERAAN

ð Kesejahteraan adalah lawan dari kemiskinan.

ð Masalah ini tergolong popular dalam ekonomi karena pada hakikatnya setiap orang ingin kaya, makmur dan ingin mempunyai banyak uang.







E.  FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASALAH EKONOMI

1.     KELANGKAAN

ð Sumber daya alam dan jumlahnya sangat terbatas. Bahkan, sumber daya alam tersebut berangsur-angsur berkurang, bahkan akan habis dalam memenuhi kebutuhan manusia. Oleh karena itu, mengakibatkan kelangkaan.

ð Jadi, kelangkaan adalah terbatasnya macam dan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan manusia.

ð Kelangkaan sumber daya alam tersebut disebabkan hal-hal sebagai berikut :

a.     Keterbatasan sumber daya alam à alam merupakan pemberian Tuhan Yang Maha Esa, tidak semua pemberian alam dapat berlangsung dikonsumsi maupun di reproduksi. Oleh karena itu, manusia dituntut dapat memanfaatkan sumber daya alam sebaik-baiknya.

b.    Bencana alam à merupakan peristiwa yang tidak dikehendaki manusia. Namun, dalam kenyataannya hal ini terjadi, akibatnya merusak sumber daya alam dan mengancam kehidupan manusia.

c.      Pertumbuhan penduduk à penduduk bertambah menurut deret ukur, sedangkan perekonomian bertambah menurut deret hitung. Artinya, apabila penduduk dibiarkan secara alami, niscaya akan terjadi ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dan sumber daya alam yang ada.

d.    Perlambatan penerimaan teknologi à penemuan teknologi dapat menghambat penggunaan sumber daya. Semakin lambat ditemukan teknologi berarti semakin besar kemungkinan terjadi pemborosan penggunaan sumber daya alam.

e.     Ketidaksabaran manusia à banyak kegiatan yang dilakukan manusia, karena ketidaksabarannya dapat berakibat berkurangnya sumber daya alam.

f.       Terbatasnya kemampuan produsen à tidak semua keinginan konsumen terpenuhi oleh produsen, hal ini disebabkan oleh faktor-faktor produksi yang ada.



2.     HILANGNYA KESEMPATAN KERJA

ð Produksi merupakan kegiatan untuk menambah atau meningkatkan nilai guna barang atau jasa. Usaha melakukan produksi memerlukan tenaga kerja. Jadi, dengan adanya kegiatan produksi akan menambah adanya kesempatan kerja bagi angkatan kerja.

ð Namun, dengan adanya kemajuan teknologi seperti adanya mekanisme atau komputerisasi dapat mengakibatkan hilangnya kesempatan kerja. Begitu juga perubahan sistem produksi dari efisiensi tenaga kerja menjadi efisiensi modal.

ð Jadi, faktor yang dapat menyebabkan hilangnya kesempatan kerja adalah berhenti dan berpindahnya kegiatan produksi, adanya mekanisasi dan komputerisasi serta produksi dengan sistem efisiensi modal.







Sumber : Buku Catatan Pelajaran IPS saya (SMK).
Semoga bermanfaat yaa J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar