Jumat, 22 Juli 2016

KOMUNIKASI






1.      PENGERTIAN KOMUNIKASI

ð  Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan ide, pesan, informasi atau konsep diri tempat kerja, baik  didalam kelompok formal maupun informal perusahaan.

ð  Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lain dengan satu sasaran yaitu agar kedua belah pihak yang berkomunikasi memiliki pengertian yang sama.







2.      KOMUNIKASI MELIBATKAN TIGA KONSEP :

a.      Komunikator = yaitu seseorang yang mampu memindahkan arti.
b.      Simbol = yang berfungsi untuk memindahkan arti.
c.       Penerima = seseorang yang menerima simbol dan menerjemahkan artinya.







3.      KOMPONEN KOMUNIKASI 

            => komponen komunikasi adalah unsur-unsur/bagian-bagian yang berperan dalam proses berkomunikasi.

Terdiri dari :
-          Komunikator (pengirim pesan/berita)
-          Komunikan (penerima pesan)
-          Message (pesan)
-          Sarana/transmits (proses pengiriman media)
-          Sikap/respon/feedback.         







4.      PROSES KOMUNIKASI

a.      Tahap pertama : menyiapkan pesan yang akan disampaikan.
b.      Tahap kedua : penyampaian pesan dengan menggunakan media baik secara lisan dan tertulis.
c.       Tahap ketiga : pesan yang diterima, diterjemahkan dan dilanjutkan dengan pemberian respon/tanggapan.







5.      MEDIA KOMUNIKASI
              => media komunikasi adalah alat, sarana/saluran yang digunakan dalam komunikasi.







6.      FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI

a.      Alat untuk menyampaikan pesan
b.      Alat untuk mempercepat penyampaian pesan
c.       Alat untuk menghibur dan mendidik
d.      Alat untuk mempengaruhi penerima pesan







7.      JENIS-JENIS MEDIA KOMUNIKASI

a.      Media audio = alat komunikasi yang dapat ditangkap, didengar dan dipahami oleh indera penglihatan.
Contoh : bedug, lonceng, bell, sirine, kentongan, radio, telepon, HP.
b.      Media visual = alat yang dapat ditangkap, dilihat dan dipahami oleh indera penglihatan.
Contoh : surat, brosur, poster, internet, koran, majalah, email, twitter, facebook, candi, patung, gambar.
c.       Media audio visual = alat yang dapat ditangkap, dilihat, didengar dan dipahami oleh indra penglihatan dan pendengaran.
Contoh : televisi, video call.







8.      TATA HUBUNGAN KOMUNIKASI 

                => tata hubungan komunikasi adalah suatu proses, pengaturan dan saluran penyampaian pesan yang mengandung arti dalam kehidupan manusia.

ð  Hal-hal yang menunjukkan pentingnya tata hubungan komunikasi :
a.      Dapat menimbulkan rasa kesetiakawanan, solidaritas dan loyalitas.
b.      Dapat meningkatkan gairah kerja sama
c.       Dapat meningkatkan nilai kebersamaan dan kekeluargaan.
d.      Dapat mengetahui perkembangan sains, teknologi, seni dan budaya.
e.      Dapat mengetahui peraturan yang berlaku.
f.        Dapat menimbulkan saling pengertian
g.      Dapat meningkatkan rasa tanggung jawab
h.      Dapat mendorong ke arah berpikir positif.



9.      JENIS-JENIS KOMUNIKASI

a.      Menurut lawan bicaranya :
-          Komunikasi satu lawan satu
-          Komunikasi satu lawan lebih dari satu
-          Komunikasi lebih dari satu lawan satu
-          Komunikasi lebih dari satu lawan lebih dari satu.

b.      Menurut jumlah yang berkomunikasi :
-          Komunikasi perseorangan
-          Komunikasi kelompok

c.       Menurut cara penyampaiannya :
-          Komunikasi lisan
-          Komunikasi tertulis

d.      Menurut tujuannya :
-          Memberi perintah
-          Memberi nasihat
-          Memberi saran/kritik
-          Melakukan perundingan
-          Mengadakan wawancara
-          Berpidato
-          Mengadakan pertemuan/rapat.

e.      Menurut prosesnya :
-          Komunikasi langsung
-          Komunikasi tidak langsung

f.        Menurut ruang lingkupnya :
-          Komunikasi internal
-          Komunikasi eksternal

g.      Menurut aliran informasinya :
-          Komunikasi vertikal ke atas
-          Komunikasi vertikal ke bawah
-          Komunikasi horizontal
-          Komunikasi diagonal
-          Komunikasi satu arah ke dua arah.







10.  AZAS-AZAS KOMUNIKASI :

a.      Kemudahan dalam pengiriman informasi = komunikasi dapat dilakukan dengan mudah.
b.      Informasi mudah dimengerti = informasi harus mudah dan cepat dimengerti oleh komunikan.
c.       Kesamaan pengertian = informasi yang disampaikan memiliki kesamaan makna.
d.      Penggunaan alat komunikasi yang sederhana = informasi disampaikan dengan menggunakan media yang tepat/sederhana.
e.      Bermanfaat dan menguntungkan = proses komunikasi harus bermanfaat dan menguntungkan khususnya bagi penerima informasi.







11.  FAKTOR-FAKTOR KOMUNIKASI

Menurut Scoot M. Cultip dan Allen H. terdapat :
a.      Credibility (keterpercayaan) = pihak yang berkomunikasi ada saling percaya.
b.      Context (perhubungan) = komunikasi terjadi apabila terjadi hubungan.
c.       Clarity (kejelasan) = kejelasan informasi ; tujuan dan kata-kata yang digunakan.
d.      Content (kepuasan) = pihak yang terlibat harus merasakan kepuasan.
e.      Continuity dan consistensy (kesinambungan dan konsistensi) = komunikasi harus terus menerus dan informasi yang disampaikan jangan saling bertentangan.
f.        Capability of audience (kemampuan komunikan) = pesan yang dikirim harus sesuai dengan kemampuan penerima.
g.      Channels of distribution (saluran pengiriman) = gunakan saluran/media yang biasa digunakan.







12.  FAKTOR KEBERHASILAN KOMUNIKASI

Ditinjau dari segi komunikasi dan komunikan adalah :
-          Kecakapan
-          Pengetahuan
-          Sikap
-          Sistem sosial
-          Kondisi lahiriah







13.  PRINSIP TEKNIK BERBICARA

a.      Prinsip motivasi, meliputi :
-          Mengutarakan dorongan kebutuhan.
-          Menghargai pendengar
-          Memanfaatkan dorongan ingin tahu.

b.      Prinsip perhatian
-          Hal-hal yang aneh
-          Hal-hal yang lucu
-          Hal-hal yang dibutuhkan
-          Hal-hal yang sekonyong-konyong.







14.  TEKNIK BERBICARA 
            => teknik berbicara adalah cara dan komunikasi seseorang dalam mengutarakan pendapat, pikiran melalui ucapan sehingga dimengerti oleh lawan bicara.







15.  PRINSIP-PRINSIP BERBICARA EFEKTIF

ð  Berbicara efektif adalah berbicara dengan apa yang disampaikan mudah, cepat dan tepat dimengerti oleh pendengar.

ð  Prinsip motivasi artinya proses menumbuhkan dorongan agar orang lain mau mendengarkan dengan cara sampaikan yang dibutuhkan, hargai pendengar, pancing rasa ingin tahu mereka.










Sumber : Buku Catatan Pelajaran Kejuruan saya saat di SMK.
Semoga bermanfaat yaa J :) :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar